Kamis, 15 November 2012

TUGAS 5

TUGAS 5


  1. PERBEDAAN ANTARA PERDAGANGAN INTERNASIONAL DENGAN PEMASARAN INTERNASIONAL

      Perdagangan internasional dan pemasaran internasional merupakan bagian dari bisnis internasional. Dalam ilmu ekonomi perdagangan internasional (international trade), seringkali di kaitkan dengan kegiatan ekspor impor, valuta asing, serta neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Perdagangan internasional merupakan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product/Produk Domestik Bruto) yaitu sebagai nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang di produksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu (biasanya pertahun). Perdagangan internasional pun turut mendorong industrialisasi kemajuan transportasi, globalisasi dan kehadiran perusahaan multinasional.




      2.  ALASAN SETIAP NEGARA MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONAL

      Bisnis internasional  merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional  yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade) ada juga yang menybutnya sebagai Pemasaran Internasional atau International Marketing. Dilain pihak transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu negara dengan perusahaan lain atau individu di negara lain disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai Bisnis Internasiona.

Alasan negara melaksanakan bisnis internasional yaitu:
a.     Masalah mobilitas faktor produksi. Faktor produksi terdiri dari tanah (land),
tenaga kerja (labour), barang modal (capital) dan manajerial atau
keterampilan (skill).
b.     Monilitas mengandung arti suatu pergerakan, sehingga yang dimaksud disini adalah pergerakan faktor produksi dari suatu negara kenegara lain. namun pada kenyataannya tidak semua faktor produksi dapat mobil secara internasional. Menurut Adam Smith, labour merupakan faktor produksi yang paling mobil. Masalah perbedaan sistem moneter. Setiap negara memiliki mata uang sendiri. Adanya perbedaan mata uang dari setiap negara, perbedaan kebijakan ekonomi moneter, pada gilirannya mempengaruhi sistem lalu lintas pembayaran internasional dan sistem lalu lintas modal.
c.   Masalah batas-batas negara yang berdaulat. Adanya batas-batas dari suatu negara dengan negara yang lain yang berdaulat menyebabkan perbedaan politik dalam perdagangan misalnya perlindungan tarif terhadap produk hasil industri didalam negero, larangan impor, quota dan blok perdagangan. Adanya kedaulatan mengakibatkan bea masuk (impor duty) dari suatu negara tidak sama dengan bea impor dari negara lain.
d.  Masalah transport cost. Ongkos angkut dari pabrik ke pasar atau kepelabuhan meninggikan harga asal pabrik. Ongkos pengangkutan barang ekspor harus dimasukan dalam perhitungan biaya agar harga yang di peroleh untuk komoditi ekspor tersebut tepat.

3.  FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BISNIS INTERNASIONAL

           Ada 11  faktor yang mempengaruhi Bisnis Internasional,yaitu.:
               
               1. Kompetitif : jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan mereka

               2. Distributif  : agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan         

               3. Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi  yang  mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis. 

               4. Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi populasi manusia. 

               5. Keuangan : variable spt sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan,

               6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh   perusahaan internasional. 

               7. Fisik : unsur alam spt topografi, Iklim dan sumber alam

               8. Politik : elemen politik bangsa spt nasionalisme, bentuk   pemerintahan, dan organisasi Internasional

               9. Sosiokultural : sikap, kepercayaan, pendidikan, dll    

              10. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian

              11. Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber sumber     diubah menjadi produk.
          

SUMBER :   
  • Wikipedia bahasa Indonesia, Ensiklopedia bebas  
  • http://rizkadstiarn.blogspot.com/2012/01/bab-iv-bisnis-internasional.html
  •  http://id.shvoong.com/business-management/2129781-perdagangan-internasional-dan-pemasaran-internasional/
  • http://thestoryofwhiteandfat.blogspot.com/2010/11/karakterstik-yang-mempengaruhi-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar