TUGAS 5
PERBEDAAN ANTARA PERDAGANGAN INTERNASIONAL DENGAN PEMASARAN INTERNASIONAL
Perdagangan internasional dan pemasaran internasional merupakan
bagian dari bisnis internasional. Dalam ilmu ekonomi perdagangan
internasional (international trade), seringkali di kaitkan dengan
kegiatan ekspor impor, valuta asing, serta neraca perdagangan dan neraca
pembayaran. Perdagangan internasional merupakan perdagangan yang
dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Di
banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama
untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product/Produk Domestik Bruto) yaitu sebagai nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang di produksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu (biasanya pertahun). Perdagangan internasional pun turut mendorong industrialisasi kemajuan transportasi, globalisasi dan kehadiran perusahaan multinasional.
2. ALASAN SETIAP NEGARA MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONAL
Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade) ada juga yang menybutnya sebagai Pemasaran Internasional atau International Marketing. Dilain pihak transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu negara dengan perusahaan lain atau individu di negara lain disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai Bisnis Internasiona.
Alasan negara melaksanakan bisnis internasional yaitu:
a. Masalah mobilitas faktor produksi. Faktor produksi terdiri dari tanah (land),
tenaga kerja (labour), barang modal (capital) dan manajerial atau
keterampilan (skill).
b. Monilitas
mengandung arti suatu pergerakan, sehingga yang dimaksud disini adalah
pergerakan faktor produksi dari suatu negara kenegara lain. namun pada
kenyataannya tidak semua faktor produksi dapat mobil secara
internasional. Menurut Adam Smith, labour merupakan faktor produksi yang
paling mobil. Masalah perbedaan sistem moneter. Setiap negara memiliki
mata uang sendiri. Adanya perbedaan mata uang dari setiap negara,
perbedaan kebijakan ekonomi moneter, pada gilirannya mempengaruhi sistem
lalu lintas pembayaran internasional dan sistem lalu lintas modal.
c.
Masalah batas-batas negara yang berdaulat. Adanya batas-batas dari
suatu negara dengan negara yang lain yang berdaulat menyebabkan
perbedaan politik dalam perdagangan misalnya perlindungan tarif terhadap
produk hasil industri didalam negero, larangan impor, quota dan blok
perdagangan. Adanya kedaulatan mengakibatkan bea masuk (impor duty) dari
suatu negara tidak sama dengan bea impor dari negara lain.
3. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BISNIS INTERNASIONAL
1. Kompetitif : jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan mereka
2. Distributif : agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan
3. Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4. Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5. Keuangan : variable spt sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan,
6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7. Fisik : unsur alam spt topografi, Iklim dan sumber alam
8. Politik : elemen politik bangsa spt nasionalisme, bentuk pemerintahan, dan organisasi Internasional
9. Sosiokultural : sikap, kepercayaan, pendidikan, dll
10. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian
11. Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber sumber diubah menjadi produk.
2. Distributif : agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan
3. Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4. Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5. Keuangan : variable spt sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan,
6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7. Fisik : unsur alam spt topografi, Iklim dan sumber alam
8. Politik : elemen politik bangsa spt nasionalisme, bentuk pemerintahan, dan organisasi Internasional
9. Sosiokultural : sikap, kepercayaan, pendidikan, dll
10. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian
11. Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber sumber diubah menjadi produk.
SUMBER :
- Wikipedia bahasa Indonesia, Ensiklopedia bebas
- http://rizkadstiarn.blogspot.com/2012/01/bab-iv-bisnis-internasional.html
- http://id.shvoong.com/business-management/2129781-perdagangan-internasional-dan-pemasaran-internasional/
- http://thestoryofwhiteandfat.blogspot.com/2010/11/karakterstik-yang-mempengaruhi-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar